BPP JAMBI LIBATKAN DINAS BIMBING P4S AGAR MAKIN BERKUALITAS

Muara Sabak, Swarna – Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) adalah  lembaga pelatihan pertanian perdesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok dan diharapkan dapat secara aktif terlibat dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian. Demi menjawab tantangan tersebut Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Tanjung Jabung Timur menyelenggarakan pelatihan Pengelolaan P4S  selama 2 hari, 07-08 Oktober 2019  dengan jumlah peserta 20 orang di Aula Kantor Bersama Dinas Tanaman Pangan  dan Hortikultura Kab. Tanjung jabung Timur. Kegiatan ini dihadari dari dinas dan Balai Pelatihan Pertanian Jambi. (08/10/ 2019)

Senin (07/10/2019) dalam sambutannya kepala BPP Jambi Dr. Zahron Helmy menyampaikan bahwa P4S diharapkan menjadi cikal bakal kelompok tani dan bisa menjadi pelepor dan pioneer yang strategis dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pertanian dan mewujudkan kader-kader petani yang kompeten di masa depan. Ditambahkan pula agar  P4S menjadi kunci kegiatan magang jepang, karena banyak petani yang berpotensi menjadi calon magang Jepang ataupun Taiwan.

Pelatihan pengelolaan Bagi P4S bertujuan meningkatkan kapasitas P4S dalam menyelenggarakan dan/atau melaksanakan pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat perdesaan. Pembinaan P4S antara lain dilakukan melalui bimbingan, pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan/permagangan, usaha dan jejaring kerja. Selain itu, pemerintah melakukan kegiatan klasifikasi P4S, guna mendorong pengelola P4S untuk meningkatkan kualitas pelatihan/permagangan secara terus menerus, sehingga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas dan berkarakter di era milenial.

Penulis : Puji Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »