BAPELTAN ADAKAN WORKSHOP KSTM DI WILAYAH KERJANYA

Muaro Jambi, Swarna– Bapeltan Jambi lakukann workshop Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) Bidang Pertanian di Aula BPP Jambi, kali ini yang menjadi peserta 92 orang yang terdiri dari pimpinan pondok 42 orang dan Ketua KSTM 50 orang yang berasal dari 9 kabupaten/kota provinsi Jambi. (298/11/2019).

Workshop KSTM bidang pertanian berlangsung selama 3 hari dari tanggal 28 s.d 30 Nopember 2019. Kata sambutan ketua panitia yang disampaikan Ahmad Syariful Jamil menuturkan bahwa tujuan workshop ini menyamakan persepsi dalam mengelola KSTM, memberikan wawasan kepada pengelola KSTM untuk berbudidaya ayam buras sesuai anjuran dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pengelola KSTM.

Pembukaan Workshop ini dihadiri para pejabat stuktural Bapeltan Jambi dan Widyaiswara. Kegiatan ini dibuka oleh Purnadi selaku Kasi Program dan Evaluasi BPP Jambi. Purnadi menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan workshop ini untuk menambah kapasitas /keterampilan dalam budidaya ayam dan keterampilan dalam mengelola KSTM.

Salah seorang pimpinan pesantren menjelaskan perkembangan KSTM yang ada di pesantren miliknya [sumber photo : oerban]

Ditambahkan bahwa program KSTM ini dimaksudkan untuk mendorong kaum santri yang umumnya adalah generasi milenial yang berbasis dipondok-pondok pesantren untuk aktif dan berkonstribusi di bidang pertanian.

Bedasarkan data dari kementerian agama RI ada sekitar 24.525 pondok pesantren dengan jumlah sebanyak 3,6 juta orang. Sehingga potensi ini sangat mendorong untuk pertumbuhan kaum muda pesantren. Minat santri dan kaum muda dilakukan dengan modernisasi alat pertanian dan bimbingan teknis dalam bidang pertanian.

Penulis : Puji Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »