BADAN PENYULUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN TINGKATKAN KAPASITAS PEJABAT DALAM BAHASA INGGRIS

BADAN PENYULUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN TINGKATKAN KAPASITAS PEJABAT DALAM BAHASA INGGRIS

Bogor, Swarna – Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas bahasa inggris bagi pejabat/petugas. Acara yang diadakan di PPMKP Ciawi Bogor ini diikuti oleh 20 UPT lingkup BPPSDMP Kementerian Pertanian. (10/03/2020)

Dalam kegiatan pembukaan yang diadakan pada hari Senin 09/03, Rini sebagai Kasubag Kerjasama BPPSDMP sekaligus ketua panitia dalam laporannya menyampaikan adapun peserta yang hadir berjumlah 30 orang dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah kemampuan bahasa inggris peserta dari segi writing, speaking dan reading. Selain itu kedepannya BPPSDMP banyak mengerjakan proyek dan kerjasama dengan pihak luar negeri sehingga dibutuhkan orang – orang yang tangguh dan percaya diri dalam berkomunikasi serta berinteraksi dalam bahasa inggris. Adapun mentor didatangkan langsung dari lembaga “English Today” yang berkompeten di Jakarta.

Peserta English Today di PPMKP Ciawi, Senin 09/03/2020 [sumber foto : wahyudi]

Sementara itu Heri Suliyanto sebagai Kepala PPMKP Ciawi, Bogor yang sekaligus membuka acara secara resmi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini relevan dengan salah satu program Kementerian Pertanian yaitu “Gratieks (Gerakan Tiga Kali Eksport)”. Hal ini sangat penting karena dalam kegiatan eksport dibutuhkan kemampuan verbal yang baik. “Kemampuan verbal sangat penting dalam kegiatan eksport agar tidak terjadi misscommunication dan missunderstanding antar stakeholder”, ujar Heri.

Kepala PPMKP Ciawi tersebut berpesan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas bahasa inggris peserta dengan waktu yang sesingkat –singkatnya karena nantinya akan dibagi 2 kelas sehingga akan memberikan keleluasaan sebesar –besarnya kepada peserta untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan mentor serta teman sekelas.

Terakhir Heri meminta kepada seluruh peserta agar semua materi memiliki nilai positif bagi masing – masing UPT dan perlu adanya kritik dan saran dari peserta untuk perbaikan pelatihan bahasa inggris kedepannya.

Bapeltan Jambi turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan salah satu calon widyaiswaranya, dengan harapan mampu menjadi stimulan bagi pegawai di Bapeltan untuk membiasakan berbahasa inggris guna menghadapi persaingan kedepan.

Penulis : Wahyudi. N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *