BANTU PETANI KELAPA DALAM BENTUK PADAT KARYA, KEMENTAN TERUS LAKUKAN TEROBOSAN

BANTU PETANI KELAPA DALAM BENTUK PADAT KARYA, KEMENTAN TERUS LAKUKAN TEROBOSAN

Kuala Tungkal, Swarna – Kementerian Pertanian terus lakukan terobosan. Kali ini dengan memberikan bantuan kepada petani dalam bentuk kegiatan padat karya. (11/04/2020)

Melalui Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi, bantuan tersebut dikemas dalam bentuk pelatihan tematik padat karya untuk petani kelapa yang berasal dari tiga kecamatan, yaitu Tungkal Ilir, Betara dan Kuala Betara.

Model pelatihanpun di sesuaikan dengan standar protokol kesehatan, yakni menjaga kesehatan, pengukuran suhu tubuh, penggunaan masker, menjaga jarak serta tidak lebih dari lima orang.

Menggunakan metoda pelatihan keliling, pihak Bapeltan Jambi bersama penyuluh dilapangan langsung ke kebun petani dan melakukan praktek dilahan petani tanpa adanya kegiatan klasikal.

Pihak dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui kepala dinasnya Ir. Zainuddin sangat mengapresiasi model pelatihan ini dan sangat padat karya.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada kementerian pertanian dalam hal ini perwakilan Bapeltan Jambi atas dilaksanakannya kegiatan padat karya berupa pelatihan keliling dan bantuan saprodi untuk kelapa ini. Diharapkan kedepan akan ada hasilnya, sehingga kelapa Tanjung Jabung Barat dapat diekspor kepasar luar negeri,” ungkap Zainuddin.

Seperti diketahui bahwa kegiatan pertanian tidak boleh berhenti sebagaimana instruksi menteri pertanian. Maka salah satu langkah adalah dengan memodifikasi pelatihan dalam bentuk kegiatan padat karya dengan tetap memperhatikan standar kesehatan ditengah wabah covid-19 ini.

Penulis : Izatul Janah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *