BAPELTAN JAMBI DISTRIBUSIKAN PERANGKAT IT UNTUK KOSTRATANI KABUPATEN BUNGO

BAPELTAN JAMBI DISTRIBUSIKAN PERANGKAT IT UNTUK KOSTRATANI KABUPATEN BUNGO

Muaro Bungo, Swarna – Sebanyak empat unit perangkat IT untuk mendukung kegiatan Kostratani di Kabupaten Bungo, telah didistribusikan oleh Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi di Muaro Bungo. Sabtu, (14/12/2019)

Ke-empat unit perangkat IT tersebut diserahkan oleh Tim Pendamping Bapeltan Jambi kepada pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortukultura Kabupaten Bungo yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Hartoyo didampingi oleh Kabid Sarana dan Prasarana Reflizar, Kepala UPT serta kepala BPP yang mendapat bantuan alat IT diruang Dinas.

Sebelum proses serah terima dilaksanakan, Tim Bapeltan terlebih dahulu melakukan cek kelengkapan barang serta melakukan pemasangan alat. Tidak hanya sampai disitu, Tim juga melakukan uji coba perangkat IT terutama teleconference dengan menggunakan aplikasi webex meeting.

Sekretaris Dinas TPH Bungo menerima surat BAST dari Tim Pendamping Bapeltan Jambi, Sabtu 14/12/2019 (sumber photo : puguh)

Uji coba teleconference cukup berhasil, meskipun sinyal yang ada di ruang dinas kurang kuat, sehingga untuk loading, kualitas gambar dan suara agak terganggu. Akan tetapi secara umum proses teleconference berjalan lancar.

Tim Pendamping dari Bapeltan Jambi mengatakan bahwa kedepan alat-alat yang telah didistribusikan ini dapat dimaksimalkan penggunaannya terutama saat pak Menteri Pertanian ingin melihat secara langsung kondisi pertanian dilapangan. Oleh sebab itu, alat IT ini akan difungsikan di Dinas Pertanian sebagai Kostrada, sementara untuk Kostratani akan dipusatkan di BPP.

Sementara pihak dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Hartoyo mengatakan akan memfungsikan alat ini sebaik mungkin. Meskipun tidak seperti BPP lain yang mendapatkan paket lengkap, namun dengan adanya perangkat IT ini akan mampu menghidupkan fungsi BPP.

“Kita sangat berterima kasih dengan adanya distribusi alat IT ini, meskipun tidak selengkap Kostratani yang mendapat fasilitasi lengkap. Dan juga kita sedang menunggu bapak Kepala Dinas yang sedang melaksanakan umroh, untuk menyerahkan secara resmi perangkat ini, mana tau bapak Bupati langsung yang akan menyerahkan. Kita tunggu saja, ungkap Sekdis Tanaman Pangan ini.

“Akan tetapi sementara tetap akan kita lakukan pemasangan dan uji coba alat untuk BPP sebagai Kostratani, agar nanti bisa difungsikan”, lanjut Hartoyo.

Kegiatan distribusi perangkat IT yang diamanahkan kepada Bapeltan Jambi sendiri ada didua kabupaten yakni Bungo dan Kerinci. Untuk kabupaten Kerinci direncanakan akan didistribusikan pada hari Selasa (17/12) di dinas pertanian kabupaten Kerinci.

Penulis : Puguh Nugroho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *