BAPELTAN JAMBI DUKUNG KOSTRATANI LEWAT PELATIHAN TEKNIS TEMATIK BAGI PETANI KEDELAI

BAPELTAN JAMBI DUKUNG KOSTRATANI LEWAT PELATIHAN TEKNIS TEMATIK BAGI PETANI KEDELAI

Muaro Tebo, Swarna – Bapeltan Jambi kembali mengadakan pelatihan teknis tematik bagi petani kedelai angkatan 2 pada 17/03. Acara yang diadakan di BPP Sumay ini dibuka oleh Kabid Penyuluhan dan Keamanan Pangan, Wahyu Sri Murdo. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 17 – 19 Maret 2020 ini juga turut dihadiri oleh Widyaiswara Bapeltan Jambi, tim fasilitator dan unsur panitia. (17/03/2020)

Dalam arahannya Wahyu mengatakan untuk menunjang kebijakan pemerintah tentang Pajale, Kabupaten Tebo tahun ini memiliki program bantuan benih lebih kurang 600 Ha untuk Kecamatan Sumay dan 20 Ha pengembangan kedelai. Hal ini untuk meningkatkan produksi kedelai lokal sehingga dapat memenuhi kebutuhan kedelai di Kabupaten Tebo khususnya dan provinsi lain sekitar Jambi sehingga tidak tergantung  pada kedelai impor.

“Pelatihan ini disinkronkan dengan program yang ada sehingga dapat meningkatkan produksi dan meningkatkan kesejahteraan petani serta terciptanya ketahanan pangan. Sehingga jika ada lockdown seperti kasus virus corona sekarang ini, kita tidak takut kelaparan dan bisa mengambil keputusan dengan tenang dan aman. Selain itu kita perlu meningkatkan kekuatan kelembagaan tani untuk menunjang terciptanya ketahanan pangan,” ungkap Wahyu. 

Sementara itu berdasarkan pengamatan dilapangan, peserta yang berjumlah 31 orang dan merupakan sasaran program bantuan benih kedelai ini dihadiri oleh sebagian besar anak muda. Ini merupakan kabar gembira bagi masa depan dunia pertanian.

“Sebagian besar pesertanya masih muda dan ini merupakan suatu kemajuan adanya minat petani muda terhadap pertanian dan mereka ini akan menjadi cikal bakalnya petani millenial”, ujar Lisa Marianah mewakili Bapeltan Jambi.

Model pelatihan teknis tematik bagi petani kedelai menjadi salah satu wujud nyata dukungan Bapeltan Jambi terhadap program Kostratani. Kiranya perlu lebih banyak dukungan pemerintah untuk lebih menggairahkan lagi BPP dengan program – program yang langsung bisa menyentuh dan dirasakan manfaatnya oleh petani sehingga jargon maju, mandiri dan modern layak ditargetkan.

Penulis : Wahyudi. N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *