BAPELTAN JAMBI KEMBANGKAN MELON DAN SEMANGKA DILAHAN SUB OPTIMAL

BAPELTAN JAMBI KEMBANGKAN MELON DAN SEMANGKA DILAHAN SUB OPTIMAL

Muaro Jambi, Swarna – Kementerian Pertanian dibawah komando Syahrul Yasin Limpo pernah mengatakan bahwasanya pertanian tidak boleh berhenti dengan adanya pendemi Covid 19, yang dipertegas oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi bahwa 267 juta masyarakat Indonesia membutuhkan bahan pangan, pertanian harus terus berjalan dan ini menunjukkan bahwa pertanian itu sangat dibutuhkan dalam situasi apapun. (08/04/2020)

Hal ini terlihat nyata dari kegiatan Bapeltan Jambi dilapangan sebagai salah satu Unit Pelakasana Tugas (UPT) pelatihan Kementerian Pertanian, selain mengembangkan e – learning untuk pembelajaran non tatap muka juga tetap memelihara instalasi praktek pembelajaran. Salah satunya akan dilakukan budidaya melon dan semangka sesuai GAP sebagai sumber buah bervitamin. Kegiatan kali ini lebih difokuskan pada pembentukan bedengan, pemasangan mulsa, pemberian pupuk kandang dan pupuk dasar NPK.  

Kasubag Tata Usaha Bapeltan Jambi, Nugroho Setyowibowo mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memelihara instalasi praktek yang dimiliki Bapeltan Jambi juga untuk memotivasi petani terus melakukan usaha tani demi keberlangsungan ketersediaan pangan walaupun dalam kondisi wabah Covid 19 dengan tetap melaksanakan protokol pencegahan. Selain itu budidaya melon dan semangka ini juga sebagai sarana pengambilan audio visual untuk bahan tayang e – learning Bapeltan Jambi.   Kegiatan – kegiatan Bapeltan Jambi dilapangan juga menerapkan protokol yang telah dibuat oleh Kementerian Pertanian seperti himbauan untuk menggunakan alsintan yang bertujuan mempercepat dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan, menjaga jarak dengan petugas lapangan lainnya, selalu membawa sabun cair untuk mencuci tangan dan menerapkan hidup bersih serta menghindari kerumunan ketika mengambil input pertanian.

Penulis : Wahyudi. N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *