BAPELTAN JAMBI SIAPKAN VIDEO E-LEARNING MINUMAN HERBAL DALAM MENJAGA IMUNITAS TUBUH

BAPELTAN JAMBI SIAPKAN VIDEO E-LEARNING MINUMAN HERBAL DALAM MENJAGA IMUNITAS TUBUH

Muaro Jambi, Swarna – Cepatnya penyebaran dan bahaya dampak yang ditimbulkan Covid-19 mendorong pemerintah untuk melakukan tindakan pencegahan dengan menyarankan masyarakat melakukan social distancing dan terpenuhinya kebutuhan sehari – hari melalui pangan dan minuman – minuman kesehatan. Bapeltan Jambi ikut bergerak cepat membantu pemerintah dan masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid – 19 dengan membuat video pembelajaran (e – learning) minuman herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada Rabu, 08/04.

Menurut Koordinator Widyaiswara Bapeltan Jambi, Taufiqurrohman pembuatan video e – learning minuman herbal ini atas inisiatif teman – teman widyaiswara sebagai antisipasi penyebaran Covid – 19. “Pembuatan minuman herbal ini diilhami dari adanya wabah Covid – 19 yang terjadi saat ini , salah satu cara pencegahannya adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui konsumsi minuman herbal secara rutin yang dapat dibuat sendiri dirumah”, ucap Taufik. 

Cara pembuatan dan bahan – bahan yang digunakan dalam minuman herbal ini tergolong mudah dan dapat kita temukan dalam kehidupan sehari – hari. Adapun bahannya antara lain: 10 gr kunyit, 10 gr lengkuas, 7 lembar secang, 1 buah jeruk nipis, 300 ml air dan gula aren sesuai selera. Sedangkan proses pembuatannya yaitu : kunyit dan lengkuas dikupas dan cuci bersih kemudian iris tipis, potong kecil gula aren, lalu rebus air, secang, gula aren bersama irisan kunyit dan lengkuas, aduk sampai gula aren larut. Setelah mendidih angkat dan biarkan hangat, terkahir setelah hangat masukkan perasan air jeruk nipis, diaduk dan siap diminum.     

Tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatannya semakin meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup yang lebih alami atau sering kita sebut “Back to nature”, dimana masyarakat memilih produk pertanian organik serta herbal untuk dikonsumsi dalam kesehariannya. Masyarakat semakin menyadari bahwa setiap produk dikonsumsi dapat mempengaruhi kesehatannya.  Oleh karena itu, Bapeltan Jambi berharap dengan adanya video e – learning dapat memotivasi petani untuk terus melakukan usaha tani demi keberlangsungan ketersediaan pangan walaupun dalam kondisi wabah Covid 19.

Penulis : Wahyudi. N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *