CARA KERJA GUN TERMOMETER INFRARED UNTUK MENGUKUR SUHU TUBUH SEBAGAI ANTISIPASI CORONA

CARA KERJA GUN TERMOMETER INFRARED UNTUK MENGUKUR SUHU TUBUH SEBAGAI ANTISIPASI CORONA

Muaro Jambi, Swarna – Di tengah merebaknya virus covid-19 di seluruh nusantara sehingga seringnya kita melihat keberadaan gun infra red thermometer di ruang publik tidak hanya di pusat kesehatan namun sudah menjadi kewajiban adanya termometer ini seperti di kantor, pusat perbelanjaan, hotel, bahkan rumah peribadahan. Tidak terkecuali di Bapeltan Jambi juga menyediakan si Infra Red termometer ini untuk mendeteksi suhu tubuh pegawai yang akan bekerja dan setelah bekerja. Tugas dan fungsi Bapeltan Jambi sebagai pelayan publik di Bidang Pertanian ini menyebabkan kantor tidak bisa diliburkan sepenuhnya saat pandemi corona ini. (07/04/2020)

Penggunaan termometer infra red ini sebagai pengukur suhu tubuh saat pandemi covid-19 ini bukan tanpa alasan. Bentuknya yang ergonomis dan mudah dipegang memudahkan siapa saja untuk menggunakannya.  Alih-alih menggunakan air raksa seperti termometer konvensional, termometer infra red ini memanfaatkan sinar infra red yang dibidikkan ke dahi atau bagian tubuh lainnya dan suhu tubuh objek langsung terbaca.

Pengukuran suhu tubuh  tanpa memegang objek/orang yang akan diukur suhunya tentunya menguntungkan di tengah wabah covid-19 ini. Pemindaian suhu dengan termometer infra red ini juga lebih cepat dibandingkan terometer konvensional, dimana suhu dapat terbaca dalam hitungan detik. Untuk akurasi alat ini sangat baik hanya kadang tergantung jarak saat pemindaian. Balai Pelatihan Pertanian Jambi segera mengadakan si gun infra red thermometer ( termometer tembak infrared) setelah pemerintah menyatakan keadaan wabah corona ini. Meskipun Keberadaan termometer ini sekarang langka dan harga yang tinggi.

Penulis : Yunisa. TS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *