CIHERANG JADI PRIMADONA, BPPSDMP: BUKTI PETANI TIDAK BERHENTI, HASIL CAPAI 6 TON/HA

CIHERANG JADI PRIMADONA, BPPSDMP: BUKTI PETANI TIDAK BERHENTI, HASIL CAPAI 6 TON/HA

Kerinci, Swarna – Balai Pelatihan Pertanian Jambi selaku bagian dari Kementerian Pertanian mendukung penuh Program Peningkatan Pangan melalui “Petani Tidak Berhenti” hal ini dibuktikan oleh Kelompok Tani Binaan yang berada di Kabupaten Kerinci. (13/04/2020)

“Bapeltan Jambi hanya dapat memfasilitasi Poktan tanaman padi melalui pembinaan dari widyaiswara ataupun fasilitator yang kompeten dibidangnya” kata Dr. Zahron Helmy.

Salah satunya, Kelompok Tani An Nur terletak di Desa Semumu Kecamatan Depati VII Kabupaten Kerinci, “Hasil panen mencapai 6 ton/ha, dan ini merupakan hasil kerja keras kita bersama” tutur Puguh Nugroho selaku widyaiswara Bapeltan Jambi yang memberikan binaan.

Menteri Pertanian, SYL imbau petani tidak berhenti menggarap sawah walaupun dalam masa pendemi Covid-19. “Kami berusaha optimis dengan cara kami mempertahankan panen padi, dan hal ini tentunya sejalan dengan optimisme Mentan SYL yang mengatakan bahwa stok pangan harus aman” papar salah satu anggota Poktan ini.

“Melihat kenyataan hasil produksi ini, sebenarnya masih ada peluang untuk dapat mencapai produktivitas maksimal, hasilnya dapat mencapai 8.5 ton/ha, dan kami sedang berusaha untuk itu” tambahnya.

Bahkan beberapa penyuluh saat dikonfirmasikan mengenai hal tersebut, membenarkan bahwa hasil padi varietas Ciherang mencapai 6 ton/ha. “Tanpa menggurui, petani merupakan mitra penyuluh, himbauan physical distancing dapat kami atasi dengan kemajuan teknologi informasi” tutupnya.

Penulis: Lilian S.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *