COVID-19 MEMBERI RUANG INSPIRASI BAGI WIDYAISWARA BAPELTAN JAMBI UNTUK MENGEMBANGKAN VCO

COVID-19 MEMBERI RUANG INSPIRASI BAGI WIDYAISWARA BAPELTAN JAMBI UNTUK MENGEMBANGKAN VCO

Muaro Jambi, Swarna – Merebaknya Virus Corona ( Covi-19) telah  memukul  banyak  sektor  kehidupan masyarakat. Tapi pastinya ada hikmah  yang bisa dipetik dalam setiap kejadian. Demikian corona (covid-19). Meski sama-sama merasakan ini pahit, namun di satu sisi lain menjadi sarana bagi karyawan/ti Bapeltan Jambi untuk terus berkreativitas  dan memberikan yang terbaik dalam situasi yang buruk  sekalipun. (06/04/2020)

Seperti yang  dilakukan Masnun salah satu widyaiswara bapeltan jambi yang berkreativitas di laborotorium dengan membuat VCO. Dengan adanya covid-19 ini menginspirasinya untuk membuat VCO atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil. Ditambahkan Masnun, VCO memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan juga  juga sistem imun atau daya tahan tubuh, salah satunya dengan  mengkosumsi virgin coconut oil (VC0).

Kandungan asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat yang terdapat dalam virgin coconut oil memiliki sifat anti mikroba, antioksidan, antijamur, dan antibakteri. Asam laurat ini merupakan kandungan yang juga ditemukan  dalam ASI manusia. Fungsinya meningkatkan  kekebalan tubuh dan menghancurkan  bekteri dan virus berbahaya, ungkapnya via teleconference Jumat kemarin.  Bahkan beberapa toko daring memasarkan VCO dengan julukan “minyak anti corona”.

Sementara itu Kepala Bapeltan Jambi menjelaskan  bahwa sebagai  lembaga pelatihan pertanian dalam  mengembangkan  potensi yang berkualitas, kreatif dan professional dan salah satunya adalah loborotorium yang merupakan  sarana pembelajaran dan kreatifitas untuk mengembangkan basik keilmuannya  baik itu widyaiswara dan staf teknis yang ada di Bapeltan jambi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Dr. Zahron Helmy.

Di samping itu, Bapeltan Jambi, memiliki empat laborotorium yaitu Tanah, Hama dan penyakit, Kultur Jaringan  dan Pengolahan Hasil Pertanian yang terus berbenah baik dari segi sarana prasarana dan kegiatan.

Penulis : Puji Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *