DEMI SUKSESKAN PROGRAM GEDOR HORTI, BAPELTAN JAMBI HADIR DI DAERAH PERBATASAN KEPRI

DEMI SUKSESKAN PROGRAM GEDOR HORTI, BAPELTAN JAMBI HADIR DI DAERAH PERBATASAN KEPRI

Bintan, Swarna – Hamparan tanaman cabe yang terlihat luas di desa Malarapat kecamatan Gunung Kijang kabupaten Bintan membuat Wakil bupati kabupaten Bintan H. Dalmasri yang didampingi oleh Kasie penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dadi Rosadi mengunjungi langsung dan berbincang-bincang dengan petani cabe untuk mengetahui secara langsung permasalahan di lapangan. (29/02/2020)

Dalam perbincangannya, wakil bupati Bintan menyampaikan bahwa permintaan pasar untuk komoditas hortikultura di Kepulauan Riau  masih sangat tinggi dan untuk itu Bintan yang masuk dalam Kepulauan Riau mempunyai potensi yang besar dalam mensuplai komoditas tersebut contohnya komoditas cabe.

“Bintan punya potensi yang besar sebagai pemasok cabe untuk Kepulauan Riau,” ungkap Dalmasri.

Sehubungan dengan hal tersebut, pengembangan komoditas cabe ini harus mendapat dukungan nyata dari pemerintah daerah dalam hal peningkatan kompetensi petani cabe dan kelembagaan petani. Disisi lain pemberdayaan ekonomi kreatif di masyarakat tidak bisa dikesampingkan begitu saja sehingga perlu dikembangkan.

Dadi Rosadi menambahkan bahwa perlu pendampingan yang inten oleh penyuluh pertanian dalam mengawal keberhasilan produksi cabe yaitu dengan cara melaksanakan Sekolah Lapangan (SL) maupun kegiatan kursus tani sehingga permasalahan dilapangan dapat cepat terselesaikan.

Menanggapi hal itu, Bapeltan Jambi yang diwakili oleh Muhammad Taufiqurrohman menyampaikan peningkatan SDM pertanian sangan penting dilakukan baik itu untuk petaninya maupun penyuluh pendampingnya  sehingga progam-progam yang sudah diinisiasi oleh pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik. Bapeltan Jambi yang salah satu tupoksinya menyelenggarakan pelatihan bidang pertanian mempunyai komitmen dalam peningkatan SDM melalui pelatihan maupun bimtek bidang pertanian. Hal tersebut seiring dengan  progam-progam unggulan Kementrian Pertanian melalui BPPSDMP, salahsatunya menciptakan petani Milenial memalui pembinaan-pembinaan khusus yang diharapkan kedapannya masalah-masalah pertanian dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat. peran penyuluh pertanian dalam mengawal keberhasilaan pengembangan pertanian perlu ditingkatkan kompetensinya melalui pelatihan-pelatihan. Disamping juga ikut mensukseskan program Gedor Horti yang sedang digalakkan oleh menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Penulis : M. Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *