P4S NACARA FARM, GELIAT PETERNAK KAMBING DI TENGAH BENCANA COVID-19

P4S NACARA FARM, GELIAT PETERNAK KAMBING DI TENGAH BENCANA COVID-19

Pidie, Swarna – Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Nacara Farm dan Naguna Titeu di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh, merupakan salah satu P4S binaan Bapeltan Jambi yang paling sukses dibidangnya. Tercatat sejak resmi didaftarkan sebagai P4S, Nacara Farm terus menunjukkan perkembangan yang signifikan. (22/03/2020)

Menurut Muhammad Jafar, ketua P4S Nacara Farm sekarang ini P4S mereka tidak hanya melakukan pelatihan pembuatan fermentasi pakan ternak dan pupuk bokashi/biourine saja, tetapi mereka juga sedang mengembangkan pembibitan kambing boerka, yakni persilangan antara kambing boer dan kambing kacang.

“Kini kami tengah mengembangkan bibit kambing Boerka, harapannya P4S Nacara Farm menjadi pusat pengembangan kambing Boerka di Provinsi Aceh,” ungkap Jafar.

Sementara itu Kasi Program dan Evaluasi Bapeltan jambi, Purnadi menyatakan bahwa semua aparat kementerian pertanian harus mendorong petani mewujudkan program – program Menteri Pertanian yang sangat strategis ini, salah satunya mendorong P4S yang sudah berperan aktif dalam membangun pertanian di tingkat lapangan.

“P4S dalam membangun pertanian harus bersinergi dan bekerjasama dengan para penyuluh pertanian serta stakeholder lainnya untuk kemajuan pembangunan pertanian ke depan,” ujar Purnadi.

Kedepan P4S bukan hanya sekedar melakukan pelatihan kepada petani tetapi juga ikut mendorong petani – petani sekitarnya meningkatkan pendapatannya dengan cara memberdayakan petani, membangun usaha secara profesional sehingga bisa maju, mandiri dam modern  serta dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraanya, sesuai dengan program Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Ditengah bencana covid-19 ini aktivitas sudah mulai dibatasi, terutama kegiatan-kegiatan yang sifatnya pertemuan. Bahkan kementerian pertanian beberapa hari yang lalu telah menerapkan work from home, untuk mencegah penyebaran covid-19.

Penulis : Wahyudi. N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *