PASTIKAN STOK PANGAN AMAN, PANEN PADI TERUS BERLANJUT DI KABUPATEN MERANGIN

PASTIKAN STOK PANGAN AMAN, PANEN PADI TERUS BERLANJUT DI KABUPATEN MERANGIN

Bangko, Swarna – Adanya  Penyebaran virus corona  (covid-19 ) di Indonesia ternyata tak  menyurutkan semangat  para petani di Kabupaten Merangin untuk memanen padi di sawah. Terlebih  saat ini  telah memasuki  puncak panen raya. (08/04/2020)

Bapeltan jambi terus melakukan melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap daerah binaannya seperti kerinci, sungai penuh dan merangin untuk   menjaga ketersediaan pangan selama pandemic covid -19 ini berlangsung. Untuk hal tersebut Bapeltan Jambi lakukan  pendataan luas panen, tanam serta kegiatan petani yang ada di setiap konstratani di wilayah binaan Bapeltan Jambi salah satunya  di Kabupaten Merangin.

Memasuki awal april 2020 panen padi  masih berlanjut di beberapa  kecamatan  dikabupaten merangin. Beberapa kecamatan antara lain Jangkat Timur, Sungai Manau dan Margo Tabir. Untuk Jangkat Timur  panen padi di poktan  ujung Tanjung desa Talang Tembago dengan luasan panen  padi 4 Ha dengan rata-rata  produktivitas 5,5 Ton/ha.

Lokasi lainnya di Poktan Karya Bersama II Seringat  Sungai Manau dengan luas Tanam 20 Ha, legowo 4:1, dengan produktiitas 5,4 Ton /Ha dan untuk Margo Tabir panen padi di Poktan Yakin Usaha, luasan panen 20 Ha dengan produktivitas 4,8 Ton/ha.

Adi Arpan Sori Selaku Koordinator BPP Jangkat Timur menjelaskan  bahwa kondisi pertanamannya  baik pada kelompok Tani Ujung Tanjung  dan kecamatan jangkat Timur pada umumnya , yang artinya untuk kebutuhan beras akan suprus tahun ini ungkapnya. Beliau juga menjelaskan jika kegiatan Panen dan Tanam terus berkelanjutan, tidak mustahil Kabupaten  merangin  akan surplus beras dan bisa membantu memenuhi kebutuhan  pangan masyarakat jambi  pada umumnya.

Penulis : Puji Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *