TEMU TEKNIS PENYULUH PERTANIAN, BAPELTAN JAMBI INGATKAN PROGRAM KOSTRATANI DI KUALA TUNGKAL

TEMU TEKNIS PENYULUH PERTANIAN, BAPELTAN JAMBI INGATKAN PROGRAM KOSTRATANI DI KUALA TUNGKAL

Kuala Tungkal, Swarna – Kegiatan temu teknis penyuluh pertanian Provinsi Jambi tahun 2020 dilaksanakan di Aula Hotel Arriyadh Kuala Tungkal selama 3 hari dimulai tanggal 16 s.d 18 Maret 2020. Pertemuan dihadiri oleh penyuluh pertanian sebanyak 166 orang yang terdiri dari 63 orang penyuluh PNS, 4 orang tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian pusat (THL TBPP), 43 orang penyuluh pertanian tenaga harian lepas daerah (THLD) dan 56 orang penyuluh swadaya, seluruh hadirin sangat antusias. (18/03/2020)

Tujuan pertemuan ini adalah untuk mendukung program Kostratani dan pembangunan pertanian tingkat kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Program ini bertujuan untuk menghidupkan kembali serta memperkuat peran serta kapasitas petugas Balai Penyuluhan Pertanian sehingga memiliki satu basis data yang benar-benar akurat.

“Pertemuan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan metode dan teknologi penyuluhan sehingga pelaku utama dan pelaku usaha tahu, mau, dan mampu” kata Dr. Zahron Helmy selaku Kepala Bapeltan Jambi.

Selain memperoleh masukan, permasalahan, dan kendala yang dihadapi penyuluh dalam melaksnakan kegiatan kepada pelaku utama dan pelaku usaha serta mencari pemecahan dan solusinya.

Dengan adanya sinergitas, koordinasi, dan sinkronisasi dari lapangan antara penyuluh dengan instansi teknis terkait di lingkungan Kementerian Pertanian, diharapkan kegiatan ini memberikan gambaran agar termotivasinya para penyuluh dalam meningkatkan kinerja dan perannya dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penerapan metode penyuluhan pertanian.

Selain itu, Kepala BPTP Jambi juga sangat antusias dengan pertemuan ini, “Minimal kita dapat memperoleh informasi masalah dan pemecahan permasalahan serta penerapan metode penyuluhan pertanian” tutur Dr. Rustam.

Dalam pertemuan ini turut hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan, dan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi. Selain itu juga hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Komisi Penyuluhan Pertanian Kab. Tanjung Jabung Barat.

Penulis: Lilian S.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *