BAPELTAN JAMBI TERUS KEMBANGKAN P4S DI KABUPATEN SIAK

BAPELTAN JAMBI TERUS KEMBANGKAN P4S DI KABUPATEN SIAK

Siak Sri Indrapura, Swarna – Tgl 18 Maret 2020 , Bapeltan Jambi melakukan identifikasi p4s calon penerima bantuan kelengkapan sapras p4s di kab. Siak. Salah satu p4s Karya mandiri di ke. Lubuk dalam kab. Siak yang dipimpin oleh bapak jayus Sutomo yang bergerak dalam bidang intregasi ternak dan kelapa sawit. (19/03/2020)

Menurut jayus Utomo, P4s ini mulai berdiri tahun 2012 seiring dengan banyaknya kunjungan dari dinas mupun PKL dari SMK pertanian untuk belajar mengenai pengolahan limbah ternak sampai aplikasinya di kelapa sawit. Berjalannya taun dan hasil diskusi dengan dinas pertanian dan konsultasi dengan Bapeltan Jambi maka terbentuklah P4S karya bersama.

Dalam pengembangannya P4s ini sudah bergerak kearah pengolahan limbah ternak menjadi pupuk cair maupun padat dan juga komoditi lain yaitu pengolahan ikan. Namun demikian, dalam hal P4s sebagai tempat pembelajaran masih banyak kendala yang dihadapi salah satunya kelengkapan sapras pembelajaran.

Untuk itu P4s sudah mencoba mengusulkan proposal2 ke dinas terkait tentang hal tersebut. Bapeltan Jambi sebagai pembina P4s mewakili BPPSDMP kementrian pertanian mencoba memberikan jalan keluar untuk kendala yang dihadapi oleh P4s salah satunya mengusulkan P4s karya bersama menjadi calon penerima bantuan.

Dalam diskusi dengan pengurus P4s dan Penyuluh pertanian dari dinas pertanian , Bapeltan Jambi yang diwakili oleh Taufiqur Rohman menyampaikan bahwa P4S ini merupakan salah satu penyambung antara petani dengan kementrian pertanian dalam hal tranfer teknologi pertanian karena rata rata setiap p4s mempuyai pengembangan pertanian yang lebih maju dan sering menjadi acuan  bagi petani sekitarnya.

Selain itu p4s karya bersama ini mempunyai khas yaitu bergerak dalam hal intregasi sawit dan ternak yang jarang dilakukan oleh petani lainnya. Untuk itu dalam momen identifikasi ini, Bapeltan Jambi mencoba mendampingi p4s dalam hal penyusunan proposal pengajuan bantuan kelengkapan sapras P4s karena sapras merupakan salah satu faktor utama dalam keberhasilan pembelajaran. Dari pihak dinas pertanian yang diwakili oleh Ahmd yunus sebagai PPL kampung Sialang Palas mengucapkan terima kasih dan merasa terbantu dengan pengusulan proposal bantuan sapras ini dan semoga kedepannya P4s lebih maju dan berkembang sehingga berpengaruh baik terhadap lingkungan sekitarnya.

Penulis : M. Taufiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *