BPP JAMBI KERJASAMA DENGAN DINAS PERTANIAN TAPANULI SELATAN DALAM PENINGKATAN KAPASITAS PENYULUH

BPP JAMBI KERJASAMA DENGAN DINAS PERTANIAN TAPANULI SELATAN DALAM PENINGKATAN KAPASITAS PENYULUH

Sipirok, Swarna – Penyuluh pertanian merupakan jabatan fungsional termasauk dalam Rumpun Ilmu Hayat Pertanian (RIHP), memiliki ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang penyuluhan pertanian  yang diduduki oleh Aparatur Sipil Negara  (ASN) yang diberi hak serta kewajiban secara penuh oleh  pejabat yang berwenang. Setiap penyuluh pertanian wajib  mengikuti diklat dasar fungsional. (11/10/2019).

Dalam upaya mensinergikan sumberdaya dalam rangka peningkatan kapasitas peyuluh  pertanian di kabupaten Tapanuli Sekatan, Dinas pertanian daerah kabupaten  Tapanuli Selatan menjalin MOU kerjasama dengan  Balai Pelatihan pertanian jambi.

Penandatangan MOU dilaksaksanakan di kantor Dinas Pertanan kabupaten Tapanuli Selatan (10/10). Penandatangan MOU dihadiri oleh Ir Bismark Muaratua Siregar selaku Kadis dan Purnadi selaku Kasi Program dan Evaluasi,  Ir Lindung widyaiswara BPP Jambi.

Tujuan kerjasama ini untuk mendorong peningkatan kapasitas/kompetensi  penyuluh pertanian berupa kerjasama diklat dasar fungsional penyuluh pertanian  baik terampil maupun ahli, mengingat hal tersebut telah diatur dalam permenpan  nomor : 02/2008 tentang  Jabatan Fungsional  penyuluhan  dan angka Kreditnya.

Kadis Pertanian Tapanuli Selatan, Ir Bismark Muaratua Siregar, mengharapkan  kerjasama kedepannya  bukan hanya dalam bentuk diklat fungsional bagi penyuluh pertanian tapi bisa juga diklat teknis yang memang dibutuhkan dalam upaya peningkatan kapasitas penyuluh pertanian yang nantinya benar-benar  bisa menjadi penyuluh yang tangguh dan mampu  menyakinkan orang lain ketika  menjalankan tugas pokok dan fungsinya  di lapangan Ungkapnya.

Selain Penandatangan MOU, diserahkan Plakat Ucapan Terima kasih  dari Dinas Pertanian Daerah Tapanuli Selatan kepada Balai Pelatihan Pertanian Jambi atas dukungan dan kerjasamanya dalam pelaksanaan diklat fungsional alih kelompok bagi penyuluh pertanian di tapanuli selatan.

Penulis : Puji Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *