GUNAKAN CHANNEL YOUTUBE, TIM KOSTRATANI JAMBI PUBLIKASIKAN KEGIATAN PENYULUHAN DI BPP

GUNAKAN CHANNEL YOUTUBE, TIM KOSTRATANI JAMBI PUBLIKASIKAN KEGIATAN PENYULUHAN DI BPP

Muaro Tebo, Swarna – Aktivitas Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang menjadi pusat kegiatan kostratani kini dapat dilihat di link youtube yang dibuat oleh tim kostratani. (01/03/2020)

Upaya penderasan infromasi dan publikasi kegiatan penyuluhan pertanian yang di dorong oleh kementerian pertanian kini semakin menampakkan hasilnya. Adalah kreatifitas dari beberapa orang anggota tim kostratani yang ada di provinsi Jambi menjadikan media youtube sebagai sarana publikasi kegiatan.

Berdasar pantauan swarnabumi.com terlihat beberapa orang anggota kostratani telah membuat chanel youtube yang berisikan beberapa kegiatan, baik dari penyuluhnya sendiri atau kegiatan BPP. Seperti misal penyuluh pertanian asal kecamatan Tebo Ulu kabupaten Tebo yang mempublis kegiatan Gerdal Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Dalam kegiatan Gerdal OPT yang dilakukan oleh Gapoktan Tuah Sepakat, Roni Jehan mendokumentasikan kegiatan tersebut dalam bentuk video, mulai dari persiapan alat dan bahan, serta proses pengendalian OPT.  

Gerakan pengendalian OPT ini ditujukan untuk mengendalikan tikus dan penggerek batang padi karena wilayah ini baru saja tergenang banjir, sehingga pasca genangan tersebut membuat beberapa OPT seperti tikus dan penggerek batang mulai menyerang pertanaman petani.

Usaha yang dilakukan oleh penyuluh dilapangan ini tidak hanya satu atau dua orang penyuluh saja, karena ada beberapa penyuluh yang sudah mempublikasikan kegiatannya melalui chanel youtube baik atas nama pribadi atau atas nama BPP.

Hal ini merupakan salah satu output pelatihan yang dilakukan oleh Bapeltan Jambi beberapa tahun yang lalu. Dimana dalam salah satu materi yang diberikan kepada para penyuluh adalah menggunakan vlog sebagai salah satu media penyuluhan.

Sejalan dengan program menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mendekatkan teknologi informasi kepada penyuluh terutama dalam kostratani sehingga dengan teknologi infromasi tersebut membuat materi-materi penyuluhan ataupun kegiatan penyuluhan dapat dilihat secara langsung oleh petani dan juga pimpinan dimasing-masing instansi, bahwa penyuluh dan Balai Penyuluhan betul-betul bekerja dilapangan.

“Mantab wak, sinematiknyo dapat, share in youtube (Mantab wak, sangat terasa seperti sinematik, jangan lupa di share di youtube),” demikian ungkap Suhardi dalam bahasa Jambi menanggapi video dari kostratani Tebo Ulu yang dibuat oleh Roni Jehan.

Penulis : Izatul Janah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *