HARAPAN BESAR PESERTA PASCA DIKLAT KABUPATEN MERANGIN KEPADA BAPELTAN JAMBI

HARAPAN BESAR PESERTA PASCA DIKLAT KABUPATEN MERANGIN KEPADA BAPELTAN JAMBI

Bangko, Swarna – Bapeltan Jambi telah menyelesaikan kegiatan pelatihan teknis kelapa sawit dan karet beberapa waktu lalu. Untuk meningkatkan kualitas pelatihan kedepannya, maka diadakanlah kegiatan pasca diklat dan bimbingan lanjutan (binjut) terhadap peserta kegiatan tersebut. Kali ini kegiatan pasca diklat dan binjut adalah peserta dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Merangin. (24/03/2020)

Menurut Lindung sebagai koordinator kegiatan pasca diklat dan bimbingan lanjutan Kabupaten Merangin, ada 3 tujuan kegiatan ini. “Tujuan dari kegiatan pasca diklat dan bimbingan lanjutan adalah agar terjalinnya hubungan interaktif antara Bapeltan Jambi dan instansi asal peserta pelatihan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi, terhimpunnya informasi sebagai bahan umpan balikbagi Bapeltan Jambi untuk penyempurnaan program dan pelaksanaan diklat di masa yang akan datang serta untuk mengetahui sejauhmana implementasi / tingkat penerapan materi diklat terhadap tugas fungsi pekerjaan srta permasalahan di wilayah kerjanya”, jelasnya.  

Selain melaksanakan pasca diklat dan bimbingan lanjutan, juga diadakan teleconference antara Bapeltan jambi dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Merangin. Kepala Bapeltan Jambi Zahron Helmy menyampaikan bahwa saat ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona, maka sedang dirancang kegiatan pelatihan padat karya dimana kegiatan ini berupa bantuan kepada petani dalam bentuk benih, bibit dan ternak. Selain itu Zahron berpesan agar bagaimana caranya menjaga aktivitas terus berjalan sebagaimana biasanya dengan menjaga kebersihan  dan sanitasi di lingungan kerja agar terhindar dari virus Covid 19 ini.  

Sementara itu Pargito Kabid Tanaman Pangan DTPH Kabupaten Merangin, membalas pernyataan Kepala Bapeltan jambi dengan mengatakan kegiatan penyuluh sekarang ini yaitu pengisian data Simluhtan dan baru saja menyelesaikan panen padi ladang dan padi sawah sekitar + 2.000 Ha yang merupakan bantuan pada tahun 2019 akhir kemarin.

Sedangkan untuk tahun 2020 ini akan mulai ditanam pada awal April nanti. Terakhir, Iskandar salah satu responden pasca diklat dan bimbingan lanjutan berharap kegiatan bisa terus dilaksanakan secara kontinu dan dapat meningkatkan kinerja sumber daya manusia pertanian baik aparatur maupun non aparatur pertanian sehingga mmpu melaksanakan tugas fungsi pekerjaan secara inovatif, profesional, berwawasan global, maju, mandiri dan modern.

Penulis : Wahyudi.N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *