PENYERAHAN SERTIFIKAT P4S BUMI LESTARI WUJUD KEPEDULIAN BAPELTAN JAMBI DALAM PERCEPATAN DISEMINASI TEKNOLOGI

PENYERAHAN SERTIFIKAT P4S BUMI LESTARI WUJUD KEPEDULIAN BAPELTAN JAMBI DALAM PERCEPATAN DISEMINASI TEKNOLOGI

Medan, Swarna – Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) merupakan kelembagaan pelatihan/permagangan petani yang tumbuh dan berkembang dari petani, oleh petani dan untuk petani yang secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian di wilayahnya. Pengukuhan P4S Bumi Lestari telah dilakukan yang ditandai dengan penyerahan sertifikat oleh Balai Pelatihan Pertanian Jambi. “Pengukuhan P4S ini telah melewati waktu yang sangat lama” ungkap Purnadi selaku Kasi Program dan Evaluasi didampingi oleh Widyaisara, Ir. Lindung dan Binsar Simatupang. (13/02/2020)

Penyerahan sertifikat yang dilakukan pada Selasa (11/02/2020) merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh baik pengurus maupun pengurus P4S Bumi Lestari. “Kita sangat mengapresiasi kegigihan dan kesabaran P4S ini, karena proses yang sangat panjang telah dilewati” tambah Purnadi.

Dalam sambutannya Ketua P4S Bumi Lestari mengatakan bahwa P4S mempunyai visi yaitu  sebagai wadah yang mengedukasi secara efektif, efisien, mandiri dan berintegritas berbasis alam dan potensi lokal dan memiliki kekhasan teknologi pertanian. “Kita bisa memproduksi berbagai jenis pupuk dan juga menyediakan berbagai jenis bibit, selain itu, kita memiliki lahan seluas 180 ha untuk kelapa sawit” Kata Mustafa Kamal Fasya mewakili pembina P4S Bumi Lestari yang juga menerima masyarakat untuk magang.

Kegiatan penyerahan sertifikat ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Medan di wakili oleh Juliani, Ketua FK P4S Sumatera Utara, Parno, Widyaiswara BLPLP Medan oleh Ir. Hartaty, Ketua KTNA Kab. Serdang Bedagai

Kepala Dinas Pertanian Kab Serdang Bedagai yang diwakili oleh Kabid Penyuluhan dan Penyuluh Jajarannya di Kec. Silinda juga turut hadir mengucapkan terima kasih kepada Balai Pelatihan Pertanian Jambi. “Diharapkan kepada kelompok masyarakat petani yang telah dan sedang melakukan kegiatan agribisnis untuk meningkatkan wadah kelembagaan menjadi P4S seperti kegiatan yang dilakukan oleh Petani di Desa Melatih (pertanian berbasis agro wisata), Peternak ulat jerman yang telah melakukan eksport, Petani organik di tiga (3) desa yang telah memiliki sertifikat organik tingkat nasional” ujar RE. Gultom.

P4S Bumi Lestari telah Perjuangan yang sangat berat telah hingga diterbitkan sertifikat “Ini perjuangan yang sangat luar biasa, masa identifikasi P4S di era M. Syarip, masa penilaian di era Dr. Sabir dan penetapan pada masa Bapak Dr. Zahron Helmy,” kata Ir. Lindung didampingi Binsar Simatupang.

Balai Pelatihan Pertanian Jambi menyerahan sertifikat P4S Bumi Lestari diketuai oleh Edy Koesriadi secara simbolis dengan harapan agar P4S ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Penulis : Binsar Simatupang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *