SEJAK MARET MERANGIN LAKUKAN PANEN RAYA

SEJAK MARET MERANGIN LAKUKAN PANEN RAYA

Bangko, Swarna – Pertanian sebagai gerbang terdepan penyedia stok  pangan nasional tetap semangat berproduksi pangan tengah pandemic Covid-19. (10/04/2020)

Dengan dibantu penyuluh pertanian, petani memiliki semangat tinggi untuk terus berinovasi meningkatkan produktivitasnya.

Kementerian pertanian dalam keadaan ini memiliki kewajiban untuk  mendukung dan menfasilitasi petani guna memastikan stok bahan  makanan tersedia.

Sesuai arahan Mentan SYL, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak boleh tertunda apalagi berhenti. Begitu pula kegiatan olah tanah, olah tanam hingga panen padi oleh petani harus tetap berlangsung  di tengah pandemi global Covid-19.

Kepala Badan PPSDMP Prof. Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa tugas pertanian di saat pandemi harus lebih giat lagi dan tetap produktif. Dimana para penyuluh tetap harus aktif dan produktif  mendampingi petani agar proses budidaya di lahan masing-masing panen dan pemrosesannya berjalan dengan baik, jangan sampai ada pangan yang tertahan. 

Sementara itu, Bapeltan jambi dibawah UPT Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) yang memiliki  wilayah kerja yang luas  mencakup 6 provinsi mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, baik dalam kegiatan pelatihan  maupun konstratani  terus melakukan melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap daerah binaannya  di Jambi seperti kerinci, sungai penuh dan merangin untuk  menjaga ketersediaan pangan selama pandemic covid -19 ini berlangsung.

Di kabupaten Merangin sejak Maret sampai dengan April terus melakukan panen. Salah satunya ditunjukkan poktan Margo Tani Desa Pauh Menang  kecamatan Pamenang melakukan panen pada tanggal 9 April 2020  panen hari itu 2 Ha, varietas Mikongga dengan produktivitas 6,8 Ton/Ha GKP.

Waddarislah penyuluh lapangan mengatakan, para penyuluh tetap berkerja seperti biasa dilapangan, memotivasi dan memberikan bimbingan kepada petani dan merasa senang, karena hasil panennya memuaskan.

“Walau ada wabah corona ini, kami tetap bekerja seperti biasa dan tetap bekerja, tapi pastinya tetap waspada dengan menjalankan instruksi pemerintah yaitu menjaga jarak fisik, mencuci  tangan dan menerapkan pola hidup sehat, serta menghindari kerumunan”, ungkapnya.

Penulis : Puji Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *