TAK HANYA GEDOR HORTI, BAPELTAN JAMBI JUGA SIAPKAN PETANI TANAMAN PERKEBUNAN UNTUK PRODUKSI BIBIT UNGGUL

TAK HANYA GEDOR HORTI, BAPELTAN JAMBI JUGA SIAPKAN PETANI TANAMAN PERKEBUNAN UNTUK PRODUKSI BIBIT UNGGUL

Muaro Jambi, Swarna – Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi kembali membuka pelatihan teknis bagi pelaku pembibitan tanaman hortikultura dan pelatihan teknis bagi pelaku pembibitan tanaman perkebunan di gedung AOR (Agriculture Operation Room)  Bapeltan. (11/03/2020)

Kegiatan pelatihan ini adalah dalam rangka menyiapkan petani untuk mampu memproduksi bibit tanaman hortikultura ataupun tanaman perkebunan, pelaksanaan kegiatan berlangsung selama lima hari dari tanggal 10 sampai 14 Maret 2020, dengan menggunakan pola 3 hari di balai serta 2 hari di pelaku usaha.

Pelatihan ini sejalan dengan program menteri pertanian Syarul Yasin Limpo untuk mendorong produksi hortikultura serta program gerakan nasional peningkatan produksi, produktivitas dan daya saing perkebunan. Dimana pihak Bapeltan Jambi sendiri melatih petani tanaman buah durian dan manga, serta petani perkebunan karet dan kakao.

Dalam sambutannya kepala Bapeltan Jambi Dr. Zahron Helmy menyampaikan dan berharap kegiatan ini dapat diikuti sebaik-baiknya. Tidak lupa juga ditambahkan tentang program kostratani, dimana kostratani merupakan tulang punggung  dalam mendukung arah program kementan yaitu kesejahteraan petani.

“Petani harus pintar membaca peluang dalam mensiasati permintaan pasar, sistem agribisnis harus berjalan dengan baik. Petani diharapkan menanam tanaman  yang siap ekspor, serta dapat meningkatkan nilai tambah produk melalui kegiatan pasca panen dan pengolahan hasil,” ungkap kepala Bapeltan tersebut.

Selain itu juga disampaikan perlunya petani menjaring kerjasama dengan dinas-dinas terkait untuk meningkatkan modal, sarana pertanian, dan perluasan  lahan, yang tidak kalah penting bahwa petani bukan hanya menanam produk pertanian tapi juga memasarkan produk pertanian.

Penulis : Puji Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *